Tujuan Hidup Menurut Islam dan Al Qur'an


Apakah Tujuan kita hidup sekarang ini?sehingga kita sadar akan apa makna hidup dan kehidupan setelah mati? Pernahkan kita bertanya, apa tujuan kita hidup di dunia ini? Atau kita hanya sekadar menjalani hidup tanpa pernah memikirkan makna dari penciptaan diri kita? Menjalani hidup tanpa repot menggali ke balik makna kehidupan itu sendiri memang cara yang paling mudah, karena kita tidak perlu memikirkan hidup sebagai hal yang sulit, cukup hanya menjalaninya secara sederhana dari hari ke hari saja. Namun, mengetahui makna kehidupan dapat membantu kita menjalani hidup dengan lebih baik lagi dan membuat kita bisa menentukan tujuan hidup agar kehidupan yang kita jalani ini lebih terarah. Tanpa tujuan, rasanya hidup menjadi agak hambar dan hanya sekedar dijalani saja, tanpa makna dan motivasi.

Bila tidak mengetahui tujuan hidup yang benar, kita akan kehilangan pegangan dan motivasi dalam menjalani hidup. Jadinya kita akan menjalani hidup dengan asal saja, atau berpatokan pada tujuan yang salah. Misalnya kita akan mengatakan bahwa tujuan hidup kita adalah uang. Maka segala hal yang kita lakukan semuanya akan berdasarkan uang semata. Atau jika ada yang mempunyai tujuan hidup untuk mendapatkan pangkat, jabatan serta kedudukan yang prestise di mata masyarakat, atau ada orang yang menganggap bahwa hidup ini hanya sekedar bersenang – senang saja. Orang – orang tipe ini akan mencari cara membahagiakan diri sendiri dengan materi.

Menjalani Hidup Dengan Baik
Hanya berpatokan pada materi akan membuat kita menyia – nyiakan hidup. Juga berpotensi bahaya menjadi orang munafik. Cara menenangkan hati dan pikiran jika ada masalah hidup adalah dengan menyelami tujuan hidup yang benar. Dalam setiap agama tentu  diajarkan bahwa orang baik masuk surga dan orang jahat masuk neraka. Jika kita menjalani hidup dengan baik, berusaha melakukan banyak kebaikan yang menjadi cara agar disukai banyak orang, maka kita punya ciri – ciri orang baik hati dan kelak bisa masuk surga. Menjalani hidup dengan baik hanya dapat dilakukan oleh orang yang telah mengetahui dengan baik makna hidup dan tujuan dirinya diciptakan oleh Tuhan. Bagaimana cara kita mengetahui tujuan hidup kita, yaitu dengan berpegang pada agama yang kita anut.

Makna Hidup Dalam Al Qur’an



1. Hidup Adalah Ujian
Dalam al Qur’an surat Al Mulk (67) ayat 2, tercantum dalil yang menyatakan bahwa: ” (Allah) yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa diantara kamu yang lebih baik amalnya, dan Dia Maha Perkasa Lagi Maha Pengampun. “

2. Hidup Itu Sementara
Kehidupan kita di dunia ini hanya berlangsung sementara saja. Seperti tercantum di Al Qur’an surat Al Mu’ min (40) ayat 39: ” Hai Kaumku, sesungguhnya kehidupan di dunia ini hanyalah kesenangan (sementara) dan sesungguhnya akhirat itulah negeri yang kekal. ”
Suatu saat manusia pasti akan mati, seperti disebutkan dalam Al Qur’an surat Al-Anbiyaa (21) ayat 35: “Tiap – tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar – benarnya) dan hanya kepada Kami lah kamu dikembalikan.”

3. Kehidupan di Akhirat Lebih Baik
Seperti disebutkan dalam Al Qur’an surat Adh-Dhuha (34) ayat 9: “Dan sesungguhnya hari kemudian (akhirat) itu  lebih baik bagimu daripada yang sekarang (permulaan). ”

Dapat disimpulkan jika ayat ini menyatakan bahwa hidup kita di dunia kelak akan berkaitan dengan kehidupan kita di akhirat setelah kita meninggal dunia. Maka dari itu janganlah kita menganggap bahwa kehidupan hanya berpusat di dunia fana ini saja, karena yang lebih penting justru menyiapkan bekal untuk menjalani kehidupan di akhirat kelak dengan baik.

0 Response to "Tujuan Hidup Menurut Islam dan Al Qur'an"

Posting Komentar